TUGAS
REVIEW JURNAL MOTIVASI
Psikologi Manajemen
Dosen Pengampu
Ade Irma Suryani
Disusun Oleh Kelompok Melati
Ade Nurul Oktaviana (10513148)
Jojor Lamria (14513665)
Mariska Wisnu Dwipratiwi (15513298)
Widya Anissa Wiranti (19513264)
Yulia Wirantri Farhani (19513549)
Kelas
3PA02
REVIEW JURNAL MOTIVASI
Judul
Jurnal : Pengaruh Motivasi Kerja Karyawan Wilayah Telkom JaBar Barat Utara
(Witel Bekasi)
Nama Jurnal : Jurnal Manajemen dan Organisasi
Volume
& Nomor : Vol V, No
3
Tahun : 2014
Penulis : Sindi Larasati dan Alini Gilang
I. LATAR BELAKANG
Sumber daya manusia (SDM) memiliki peran penting sebagai potensi
penggerak seluruh aktivitas perusahaan. Setiap perusahaan harus bisa menjaga,
memelihara dan meningkatkan kualitas kinerja SDM yang dimiliki. Salah satu cara
yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan kualitas kinerja adalah
dengan memberikan perhatian berupa motivasi kerja kepada karyawannya.
Dengan memiliki SDM yang unggul, perusahaan akan lebih mudah
bersaing dalam dunia bisnis saat ini yang sudah mulai memasuki era globalisasi.
Pada era globalisasi ini persaingan bisnis akan semakin ketat, karena tidak
hanya bersaing dengan produk lokal saja tetapi juga dengan produk mancanegara
yang diimpor ke dalam negeri. Persaingan bisnis ini juga berpengaruh pada
industri telekomunikasi
PT. Telkom Indonesia, Tbk sebagai perusahaan penyelenggara layanan
telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia memiliki produk dan layanan
yang beragam dan berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 42%. PT. Telkom
Indonesia, Tbk dibagi menjadi dua, yaitu Divisi Telkom Barat dan Divisi Telkom
Timur. Wilayah Telkom Jabar Barat Utara atau Witel Bekasi merupakan salah satu
wilayah di Divisi Telkom Barat yang berlokasi di Jalan Rawa Tembaga No. 4
Bekasi.
Witel Bekasi bergerak di bidang operasional Telkom seperti
pemasaran produk atau layanan, penanganan keluhan, perbaikan produk atau
layanan dan sebagainya .Untuk mencapai target perusahaan maka perusahaan harus
meningkatkan kualitas kinerja karyawannya sehingga dapat memberikan kepuasan
kepada pelanggan.
Tujuan dari
penelitian ini adalah 1) Mengkaji dan menganalisis motivasi kerja (kebutuhan
prestasi, kebutuhan afiliasi dan kebutuhan kekuasaan) karyawan Witel Bekasi; 2)
Mengkaji dan menganalisis kinerja karyawan Witel Bekasi; 3) Mengkaji dan
menganalisis pengaruh motivasi kerja (kebutuhan prestasi, kebutuhan afiliasi
dan kebutuhan kekuasaan) terhadap kinerja karyawan Witel Bekasi secara simultan
dan parsial dan 4) Mengkaji dan menganalisis seberapa besar pengaruh motivasi
kerja (kebutuhan prestasi, kebutuhan afiliasi dan kebutuhan kekuasaan) terhadap
kinerja karyawan Witel Bekasi secara simultan dan parsial.
III. METODE PENELITIAN
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan kausal. Pada penelitian deskriptif akan dideskripsikan bagaimana motivasi kerja dan kinerja karyawan di Witel Bekasi. Penelitian ini juga menggunakan metode kausal karena satu dari empat rumusan masalah pada penelitian ini menanyakan hubungan sebab akibat antar dua variabel. Pada penelitian kausal akan menguji bagaimana pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di Witel Bekasi.
Variabel
Operasional yang digunakan pada penelitian ini adalah :
1. Variabel
Independen
Variabel
independen atau variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini adalah
variabel Motivasi Kerja (X) berdasarkan Teori Motivasi McClelland sebagaimana
dikutip olehMangkunegara (2007).
a. Kebutuhan
Prestasi (X1) :
1) Inovasi
2)
Kreativitas
3) Umpan
Balik
4)
Tantangan
5) Semangat Kerja
b. Kebutuhan Afiliasi (X2):
1)
Sosialisasi
2)
Hubungan Antar Pribadi
3) Persahabatan
c. Kebutuhan
Kekuasaan (X3):
1)
Kompetisi
2)
Wewenang
3) Kedudukan
2. Variabel
Dependen
Variabel dependen
atau variabel terikat yang digunakan pada penelitian ini adalah variabel
Kinerja Karyawan (Y) berdasarkan konsep Wirawan (2009).
a. Hasil
Kerja
b.
Perilaku Kerja
c. Sifat Pribadi
yang ada hubungannya dengan pekerjaan
Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh karyawan di Witel Bekasi sebanyak 284 orang, yang
dikategorikan berdasarkan posisi atau jabatan yaitu posisi atau jabatan General Manager, Manager, Assistant Manager,
Senior Supervisor, Supervisor, dan Staff.
IV. HASIL PENELITIAN
Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien determinasi adalah sebesar 55.1%.
Hal ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel Kebutuhan Prestasi,
Kebutuhan Afiliasi dan Kebutuhan Kekuasaan terhadap variabel Kinerja Karyawan
adalah sebesar 55.1%, sedangkan sisanya 44.9% dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
V. KESIMPULAN
Variabel motivasi
kerja pada penelitian ini terdiri dari tiga variabel, yaitu Kebutuhan Prestasi
(X1), Kebutuhan Afiliasi (X2) dan Kebutuhan Kekuasaan (X3). Berdasarkan hasil
penelitian, variabel motivasi kerja secara simultan dan parsial memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Witel Bekasi.
Variabel kebutuhan afiliasi memiliki pengaruh yang paling besar terhadap
kinerja yang dihasilkan oleh karyawan. Hal ini berarti bahwa semakin besar
motivasi akan kebutuhan afiliasi yang terpenuhi maka akan semakin besar pula
kualitas kinerja yag dihasilkan oleh karyawan Witel Bekasi.
0 comments:
Post a Comment