Wednesday, 13 November 2013

BAB 1 - Ilmu Sosial Dasar Sebagai Mata Kuliah Dasar Umum







Pengertian dan Tujuan
Ilmu Sosial Dasar


.      Pengertian
            Berdasarkan sumber filsafat yang di anggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat di kelompokkan menjadi tiga (3), yaitu :
  1. Natural Science (Ilmu-Ilmu Alamiah), meliputi : Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi, dll.
  2. Sosial Science (Ilmu-Ilmu Sosial), meliputi : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi, dll.
  3. Humanities (Ilmu-Ilmu Budaya), meliputi : Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian, dll.
Mengikuti pembagian ilmu pengetahuan seperti itu, maka Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar adalah satuan pengetahuan yang di kembangkan sebagai usaha pendidikan.
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang di wujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial, dan tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang di padukan, serta tidak mengembangkan suatu penelitian.


Tujuan

Tujuan mempelajari Ilmu Sosial Dasar, adalah sebagai berikut :
  1. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
  2. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
  3. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajari secara kritis –interdisipliner)
  4. Memahami jalan pikiran para ahli dari berbagai bidang ilmu pengetahuan dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.


Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial


            Persamaan
Persamaan antara kedua ilmu tersebut, adalah :
  • a.    Merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan atau pengajaran
  • b.    Bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
  • c.    Mempunyai materi dari kenyataan dan masalah sosial


        Perbedaan
Perbedaan antara kedua ilmu tersebut, adalah :

Ilmu Sosial Dasar
Ilmu Pengetahuan Sosial
Di berikan di Perguruan Tinggi
Di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan
Merupakan satu mata kuliah tunggal
Kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk Sekolah Lanjutan)
Di arahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian
Pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual


Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar


 Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat di bedakan atas tiga (3) golongan, yaitu :
  1. Kenyataan dan masalah sosial yang ada dalam masyarakat, sering di tanggapi berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya. Dalam Ilmu Sosial Dasar, menggunakan pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan sosial di batasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat di perlukan untuk mempelajari masalah sosial yang di bahas dalam Ilmu Pengetahuan Dasar
  3. Masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
Ada delapan (8) Pokok Bahasan dalam ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar, di harapkan mempelajari dan memahami adanya :
1.  Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan
2.    Masalah individu, keluarga, dan masyarakat.
3.    Masalah pemuda dan sosialisasi
4.    Masalah hubungan antar warga negara dan negara
5.    Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat
6.    Masalah masyarakat perkotaan dan pedesaan
7.    Masalah pertentangan sosial dan integrasi
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat




0 comments:

三九

三九